SPAN PTKIN 2019 Resmi di Launcing oleh Menteri Agama

Rabu,  23 Januari 2019 | Bertempat di Hotel Borobudur Jakarta, SPAN PTKIN 2019 secara resmi di launching oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Hadir juga pada peluncuran tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Ketua Umum Panitia SPAN-UM PTKIN, Ketua Forum Rektor PTKIN, Para Rektor PTKIN, Para Tim TIK, dan juga Humas dari masing-masing PTKIN se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua SPAN PTKIN 2019 menyebutan bahwa terdapat dua pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara nasioanl. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Sementara itu, Menteri Agama dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia dan semua pihak atas partisipasinya dalam menyukseskan SPAN-UM PTKIN 2018. “Kita bersyukur peminat SPAN-UM PTKIN setiap tahunnya terus meningkat, dan tren peningkatan ini juga berlanjut pada tahun 2019 ini” lanjut beliau.

Informasi lebih lengkap tentang prosedur pendaftaran, tanggal pelaksanaan, dan juga pendaftaran online dapat dilihat pada laman SPAN PTKIN 2019 atau klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *