Testimoni Alumni (Part 1): Dr. Susanto (Alumni 2003)

Tidak ada alasan untuk tidak memilih kuliah di IAIN Ponorogo. Keberhasilan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo dalam menghasilkan para alumni yang handal telah teruji. Telah banyak alumni yang mengabdi pada umat, bangsa, dan agama, melalui berbagai bidang. Salah satu alumni IAIN Ponorogo yang sukses, adalah Dr. Susanto, alumni Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo pada tahun 2003 (saat itu bernama STAIN Ponorogo). Berikut adalah profil singkat beliau.

Curriculum Vitae

Dr. Susanto lahir di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, 5 Mei 1978. Dua periode diangkat oleh Presiden RI sebagai Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan saat ini menjabat Ketua. Alumni Program Doktor Universitas Negeri Jakarta ini, tahun 2016 mendapatkan penghargaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI., Prof. Dr. Muhadjir Effendy sebagai penulis artikel terbaik tingkat nasional. Dengan demikian, isu-isu terkini terkait perlindungan anak dan pendidikan selalu ia geluti dalam keseharian.

Sejak mahasiswa, lekat dengan dunia riset, menulis dan aktifis pendidikan. Perjalanan tersebut yang menghantarkan selalu mengabdi di dunia organisasi pendidikan. Kini mendedikasikan diri sebagai Wakil Ketua Lembaga Pendidikan Maarif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2015-2020 dan Ketua Departemen Pengembangan Kebijakan PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Pusat Periode 2015-2020, Anggota Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat Periode 2015-2020 serta bergabung sebagai Pengurus Departemen Pengembangan Sumberdaya Manusia, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI). Dunia riset juga ditekuni hingga saat ini. Atas dedikasi itu, ia mendapat amanah sebagai Dewan Penasehat Indonesian Qualitative Research Association (IQRA) Provinsi DKI Jakarta.

Menempuh SD di Temon II Arjosari Pacitan, selanjutnya MTs dan MA di Pondok Pesantren al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan. Kemudian melanjutkan S1 IAIN Ponorogo Jawa Timur Tahun 2003, melanjutkan S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2007 dan telah menempuh S3 Universitas Negeri Jakarta.

Keseharian aktif menjadi narasumber di berbagai media cetak, online, elektronik dan event-event seminar nasional. Selain juga berusaha membiasakan diri terus menulis artikel di berbagai Jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional. Untuk komunikasi dapat menghubungi via email; susanto.kaisar@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *